Tips Penggemukan Kambing Domba

Bagaimana Tips Penggemukan Kambing Domba

Sebelum jauh membahas mengenai tips penggemukan kambing domba, maka izinkanlah kita ajak kamu untuk menilik lagi ke belakang, apa saja persiapan dasar yang dibutuhkan untuk pemeliharaan yang ideal sebuah peternakan kambing domba pedaging ?

1. Hal yang pertama dibutuhkan adalah ilmu berkenaan ternak kambing domba yang benar, berikut bersama pendampingan berasal dari beraneka mentor peternak senior yang sudah mempunyai reputasi baik. Ilmu dan silaturahmi kepada para peternak senior ini ibarat orang membangun bangunan rumah tingkat, ini adalah dasar pondasinya, makin kuat pondasinya atau makin kuat dan banyak pengetahuan peternakan yang didapat maka dapat benar-benar berfaedah kedepannya.

2. Pakan.. ya pakan menjadi 1 point yang oleh sebagaian peternak kambing domba sangat-sangat dikesampingkan, hal ini terbukti bersama makin berkurangnya budaya menanam pakan hijauan dan condong terhadap mengandalkan beraneka limbah pertanian rendah nutrisi untuk pakan kambing dombanya.

Seringkali kita menerima banyak pertanyaan berasal dari para peternak, yaitu ” di area kita terkecuali kemarau susah pakan hijauan, apa solusinya ” maka bersama semangat kita memberikan jawaban :

” Mari aktifkan lagi kegiatan menanam pakan hijauan, bangkitkan lagi budaya menanam beraneka pakan hijauan ”

Pakan benar-benar berpengaruh terhadap biaya harian di dalam sebuah peternakan, bersama ketersediaan pakanyang berkecukupan maka biaya yang dikeluarkan dapat makin rendah, sebab beraneka nutrisi yang dibutuhkan ternak sudah mayoritas tercukupi di dalam pakan hijauan, kemudian biaya pembelian pakan tambahan terhitung makin rendah.

Berikut ini adalah beberapa tipe pakan hijauan untuk pakan kambing & domba

Indigofera                                                                     Kaliandra

Bibit kaliandra                                       Rumput Odot & Rumput sawah

Pada usaha penggemukan kambing domba, kualitas pakan sangatlah menentukan, baik berasal dari pakan hijauan maupun pakan tambahannya.

Aneka jenis pakan hijauan untuk kambing domba yang tinggi nutrisi layaknya daun : kaliandra, singkong , indigofera, gamal, turi, sengon, pisang, pepaya, mahoni, rambutan, durian, angsana, kelor, sawit, alpukat, dll

Untuk jenis pakan tambahan yang biasa diberikan di dalam penggemukan kambing domba adalah :
Ampas tahu, ampas singkong ( gamblong ), ampas gandum, pohon dan kulit kedelai, kulit kacang hijau, bungkil sawit, bungkil coklat, kulit singkong, kulit ari jagung, kulit kopi, bekatul, konsentrat dll

3. Kandang yang ideal untuk menampung kambing domba yang digemukkan, hal ini benar-benar memengaruhi kenyamanan kambing domba. Ternak yang nyaman di kandangnya maka dapat benar-benar mempercepat mereka untuk berat badannya bertambah, ini benar-benar berlainan sekali kalau kandang si kambing domba kondisinya kumuh, kotor, berbau, maka ternak dapat susah tumbuh berkembang.

Model kandangnya dapat bersama bodel kandang batre ( sekat ) ataupun kandang koloni, sesuai bersama keadaan di area masing-masing dan tipe kambing dombanya.

Ketepatan dalam pembelian  kambing dombayang dapat digemukkan, tersedia metode yang membeli berasal dari umur muda atau bibit umur 3-5 bulan, tetapi tersedia terhitung yang membeli di umur siap panen perumpamaan umur 10-12 bulan.

Bagi yang mendambakan pelihara sejak umur dini, benar-benar ideal kalau paham dahulu indukan berasal dari bibitan yang dapat dibeli, sebab terkecuali indukan dan pejantannya mempunyai posture badan bagus maka anaknya pun 70{5ca59619e80879a4339df6a53938b75aceb7d48e0c7ea6495b6f76e803ba09aa} dapat ikuti gen bapaknya dan 30{5ca59619e80879a4339df6a53938b75aceb7d48e0c7ea6495b6f76e803ba09aa} dapat ikuti gen ibunya.

Perawatan Awal Kambing Domba Khusus Pedaging :

Berikut ini metode kalau mau menerima  kambing domba pedaging yang baru berkunjung di kandang :

  1. Siapkan obat cacing, vitamin ADE
  2. Siapkan mesin cukur atau gunting cukur terutama untuk domba pembesaran yang baru datang
  3. Siapkan kandang transit untuk karantina kambing domba yang baru datang
  4. Siapkan alat mandi, supaya kambing domba yang baru berkunjung dapat langsung dimandikan
  5. Selama 1 minggu pertama silakan dilatih penyesuaian bersama kandang baru dan pola perawatan baru

Pola pakan :

  • Kambing domba terutama kelas pedaging perlu memiliki JAM MAKAN, sebab dapat benar-benar menopang mempercepat keadaan kambing domba supaya lekas gemuk atau pencernannya bekerja maximal sesuai kemampuan.
  • Jenis pakan yang biasa diberikan adalah pakan hijauan berbentuk dedaunan dan rerumputan dan beraneka tipe pakan tambahan layaknya yang sudah disebutkan di atas.
  • Mengenai pola makan, maka sesuai bersama kebijakan farm masing-masing, tersedia beberapa metode pola pakan yang diterpkan beberapa farm penggemukan kambing domba, diantaranya :
  1. Pola pakan 2X sehari, yakni pertama di pagi atau siang hari kambing domba dikasih pakan tambahan ( komboran ) kemudian sore harinya baru dikasih pakan hijauan sebagai seratnya
  2. Pola pakan 3 X, jam makannya dapat diatur layaknya ini, pertama jam 8-9 pagi ( pakan komboran ), sore jam 3 pakan hijauan, jam 8 malam pakan hijauan kembali
  3. Pola pakan 4 x, Jam makan pagi berbentuk pakan kering layaknya konsentrat, siang kasih rumput atau dedaunan, jam 4 sore dikasih komboran lagi kemudian malamnya diberikan rumput atau pakan dedaunan.

Metode Pemberian Pakan :

  • Pemberian pakan kering berbentuk konsentrat, bekatul dan semua nya diberikan terpisah
  • Pakan hijauan dikondisikan di dalam keadaan tercacah kecil-kecil kemudian diberikan terhadap ternak
  • Metode pakan dicampur, yakni pakan hijauan yang sudah dicacah dicampur bersama pakan kering
  • Pakan tambahan basah atau biasa dikenal bersama metode pakan komboran, yakni bahan pakan tambahan berbentuk ampas tahu, onggok singkong, dicampur bersama pakan kering dan diberi air supaya penampakannya pakannya basah.