Kambing Boer Afrika

Mengenal Kambing Boer Afrika

Jenis kambing Boer merupakan jenis kambing yang berasal dari afrika selatan dan sudah 65 tahun mereka telah ter registrasi didunia. Kata Boer yang ada dikambing itu artinya petani. Kambing Boar adalah jenis kambing pedaging satu satunya didunia yang sesungguhnya. Dengan pertumbuhan yang sangat cepat Kambing Boer bisa anda temukan dipasaran yang memiliki bobot 35 sampai 4 kg diumurnya yang ke lima tahun.

Kambing Boer bisa memiliki pertumbuhan berat setiap harinya mencapai 0,02 sampai 0,04 kg perhari. Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam pemeliharaan kambing Boer tergantung dengan pemberian banyaknya susu dari induk serta ransum pakan sehari-hari.

Jika saat ini anda ingin membandingkan kambing Boer dengan kambing Perah Lokal, presentasi dari karkas yang diberikan oleh Kambing Boer bisa mencapai 40% sampai 50% dari berat badanya.

Kambing Boer mempunyai ciri-ciri yang bisa mudah anda kenali. Adapun ciri-ciri dari perawakan kambing Boer ini adalah sebagai berikut ini!

  • Mempunyai Tubuh ┬áLebar, Panjang, dan Dalam
  • Bulunya berwarna putih
  • Memiliki kaki pendek dan hidung cembung
  • Mempunyai telinga panjang dan menggantung
  • Kepalanya berwarna coklat kemerahan atau coklat tua sampai coklat muda

Nah, itulah ciri-ciri dari tubuh kambing Boer yang bisa anda kenal. Selain itu, ada sebagian kambing Boar yang mempunyai garis putih kebagian bawah pada wajahnya.

Warna coklat yang dimiliki oleh kambing Boer mempunyai khasiat untuk melindungi mereka dari serangan kanker kulit yang ditimbulkan oleh sinar matahari langsung. Salah satu karakter yang dimiliki kambing Boer adalah mereka gemar berjemur pada siang hari.

Ciri-ciri Kambing Boer Jantan

Adapun ciri-ciri kambing Boar jantan yang bisa anda kenali adalah sebagai berikut ini!

  • Mempunyai tubuh kokoh dan kuat sekali
  • Memiliki pundak yang luas dan kebelakangnya penuh dengan pantat yang berotot
  • Kambing Boer ini bisa hidup disuhu lingkungan yang ekrim sekalipun mulai -25oC sampai 43oC
  • Mudah beradaptasi dengan lingkungan yang berubah-ubah suhunya
  • Tidak mudah terserang penyakit
  • Biasanya mereka hidup pada lingkungan semak belukar, padang rumput, dan lereng gunung yang berbatuan.
  • Kambing Boer mempunyai sifat alamiah yang menyukai meramban yang akibatnya hewan ini lebih suka dengan tanaman semak dan daun-daun.

Itulah tentang ciri-ciri dari kambing Boer jantang yang bisa anda kenali, Adapun ciri-ciri kambing Boer betina adalah sebagai berikut ini!

Ciri-ciri kambing Boer Betina

  • Tubuhnya sama seperti jantan, namun mereka tampak lebih feminin
  • Kepala dan leher yang ramping.

Kambing Boer betina bisa anda kawinkan pada usia 10 sampai 12 bulan, namun itu semua tergantung dengan berat badan yang dimiliki oleh hewan tersebut. Hewan ini akan bunting selama 5 bulan dengan kemampuannya bisa melahirkan anak-anak dalam dua tahun sebanyak tiga kali.

Biasanya, kambing Boer betina akan menghasilkan anak 1 sampai 2 pada beranakan yang pertama. Selanjutnya hewan ini bisa menghasilkan anak kembar dua, tiga, bahkan bisa empat juga.

Selain itu, susu yang dihasilkan oleh hewan ini mempunyai kandungan lemak yang sangat tinggi dan sangat cukup untuk disusukan kepada anak-anaknya.

Itulah tentang ciri-ciri kambing Boer betina yang bisa anda kenali.

Kambing Boer selain untuk menjadi pedaging yang sesungguhnya bisa anda manfaat untuk yang lainnya, terlebih kambing Boer jantan.

Kambing pejantan jenis Boer afrika, biasanya para peternak memilih jenis kambing Boer afrika ini untuk alat pemacek dan di produksi untuk jenis pedaging. Seperti yang dikatakan tadi, bahwa Kambing Boer afrika memiliki pertumbuhan bobot badan yang cepat sekali dengan menggunakan pakan yang alami dan tidak menggunakan obat-obat yang tersedia saat ini dan banyak beredar diinternet.

Dalam pemeliharaan kambing Boer afrika, anda hanya perlu memberikan daun hijauan, bisa daun-daun hijauan yang ada disawah. Kambing boer afrika akan sangat cocok digunakan sebagai alat untuk mencetak anak-anak kambing pedaging kelas lokal kualitas unggulan.

Bagaimana cara budidaya kambing Boer afrika supaya menghasilkan anak-anak kambing kelas lokal kualitas unggulan? Untuk mendapatkan ilmu budidaya seperti itu, anda bisa mengikuti pelatihan di 78farm jogja yang akan melatih anda menjadi peternak yang handal dengan pemberian pakan alami dan tidak ada yang aneh-aneh. Selain itu, 78farm jogja akan melatih anda juga menjadi usahawan peternak kambing yang bisa membahagiakan anda dan keluarga.

Jika anda mengikuti pelatihan 78Farm Jogja ini, anda akan banyak sekali ilmu yang didapatkan. Selain itu, salah satu keunggulan dari pelatihan 78Farm Jogja adalah mereka yang mengikuti pelatihan ini akan dimentor langsung oleh para pembimbing yang sudah berpengalaman dan mereka juga akan diberikan strategi pemasarannya baik offline maupun online.

Nah, jika saat ini anda berniat untuk mengikuti pelatihan tersebut bisa anda menghubungi nomor dan alamat dibawah ini!

Tlp / WA : 0812-2838-0678

Alamat : 78 Farm Jogja, Jl Godean-ngapak KM 15, Sumber Arum, Moyudan, Sleman , Yogyakarta

Demikianlah informasi atau pembahasan singkat tentang Kambing Boer Afrika dan pelatihan yang sangat direkomendasi untuk budidaya kambing Boer yang mencetak anak-anak kambing lokal kualitas unggulan. Semoga informasi ini dapat membantu anda dalam beternak kambing yang benar.