Kambing Jawa Randu

Mengenal Kambing Jawa Randu

Jenis kambing Jawa Randu merupakan sebuah kambing yang dihasilkan dari persilangan kambing kacang dengan peranakan kambing etawa. Genetika pada kambing Jawa Randu ini lebih mirip dengan kambing Kacang, namun pada kambing Jawa Randu kebanyakan mempunyai tubuh yang besar dibandingkan dengan kambing Kacang.

Pada jenis kambing Kacang, merupakan kambing unggulan yang dibudidaya pertama kali oleh masyarakat Indonesia. Biasanya, kambing ini dipelihara secara turun temurun. Kambing Kacang mempunyai gulma kira-kira 65 centimeter pada kambing dewasa yang mempunyai berat badan 20 sampai 30 kilogram.

Kembali lagi ke kambing Jawa Randu, kambing ini merupakan hewan yang mempunyai sifat yang mirip dengan kambing Kacang, terlebih jenis kambing Jawa Randu ini menyukai makanan dengan jenis rambanan atau bisa dibilang dengan hijauan pakan ternak yang berasal dari daun pohon.

Kambing Jawa Randu memang hewan ini ada karena dihasilkan dari persilangan kawin antara kambing Etawa dengan kambing Kacang. Namun kambing Jawa Randu ini lebih dominan mirip dengan kambing Kacang mulai dari makanan dan perilakunya.

Dengan dominannya bawaan genetika dari kambing Kacang membuat kambing Jawa Randu tersebut lebih sedikit kuat terhadap cuaca dan mempunyai pertumbuhan yang lumayan relatif cepat besar yang mirip seperti kambing Etawa.

Dari segi perawakannya, kambing Jawa Randu memang tidak secantik atau segagah kambing Etawa untuk kepentingan kontes. Tapi anda perlu tahu, bahwa kambing Jawa Randu tersebut sangat baik untuk dijadikan penghasil daging dan susu yang akan memenuhi kebutuhan gizi bagi manusia. Namun, untuk mendapatkan hasil tersebut anda harus merawatnya dengan baik dan benar.

Badan yang lumayan besar ketimbang kambing Kacang, membuat kambing Jawa Randu bisa menjadi sebuah alternatif untuk kepentingan qurban dan kebutuhan penghasil daging. Karena daging dari kambing Jawa Randu biasanya lebih murah ketimbang daging dari kambing Etawa.

Apabila anda berniat untuk memelihara kambing Jawa Randu, maka kambing tersebut tidak memerlukan kandang yang kuat atau kokoh seperti halnya untuk kambing Etawa. Karena kambing Jawa Randu yang pejantan juga tenaganya tidak sekuat kambing Etawa.

Oleh sebab itu, kambing Jawa Randu tersebut akan relatif mudah anda pelihara atau budidaya untuk kepentingan bisnis atau memenuhi kebutuhan gizi keluarga. Dengan kandang kambing yang sederhana dan mengandalkan pakan hijauan untuk memenuhi kebutuhan makannya, hal itu sudah cukup untuk anda dalam memulai memelihara kambing Jawa Randu. Tapi untuk lebih jelas lagi tentang pakan apa saja yang disukai oleh kambing Jawa Randu ini,simak ulasannya dibawah ini!

Jenis-jenis pakan hijauan untuk memenuhi makanan pada kambing Jawa Randu

  • Daun gulma
  • Daun lamtoro
  • Daun kaliandra
  • Daun belimbing
  • Daun klengkeng
  • Daun mahoni
  • Daun singkong karet
  • Daun nangka dan daun pisang

Adapun jenis-jenis limbah yang dihasilkan dari perkebunan dan pertanian yang bisa diandalkan untuk kebutuhan pakan kambing Jawa Randu diantaranya :

  • Kulit kakao dan kulit kopi
  • Bungkil kopra dan bungkil sawit
  • Ampas tahu, ampas gandum, ampas singkong, dan ampas jagung.

Demikianlah pakan-pakan yang bisa anda berikan untuk kambing Jawa Randu yang terdapat disekitaran rumah anda. Jadi dengan mengetahui pakan apa saja yang harus diberikan kepada kambing Jawa Randu bisa menjadi gambaran dalam memulai beternak kambing Jawa Randu. Karena sukses dalam beternak adalah tersedianya pakan yang berlimbah supaya asupan gizi, nutrisi, dan kandungan senyawa lainnya bisa terpenuhi untuk menunjang hidup si hewan tersebut.

Oh iya, anda harus tahu bahwa kambing Jawa Randu yang betina ini bisa dikawinkan dengan kambing Boer yang berasal dari negara Afrika. Maka dengan anda bisa mengawinkan dua jenis kambing tersebut, anda bisa mendapatkan anakan kambing yang mempunyai kelas lokal namun kualitas unggulan.

Karena, setiap peternak kambing yang mengawinkan betina kambing Jawa Randu dengan penjantan kambing Boer mengharapkan bisa mendapatkan anakan kambing jenis lokal namun mempunyai kualitas unggulan.

Nah, setelah membaca uraian diatas dan anda tergerak ingin memelihara kambing Jawa Randu untuk memulai usaha ternak anda, maka kami sarankan anda untuk mengikuti pelatihan 78Farm Jogja. Karena anda jangan menganggap bahwa beternak itu tidak ada ilmu khusus.

Dalam beternak yang benar, mereka mempunyai ilmu khusus dari segi manajemen pakan hingga mengembangbiakan hewan ternak tersebut. Dengan begitu, beternak akan sesuai dengan jalannya.

Oleh sebab itu, sangat disarankan anda untuk mengikuti pelatihan 78Farm Jogja terlebih anda sebagai pemula yang ingin terjun kedunia bisnis peternakan.

Sebenarnya kenapa anda harus mengikuti pelatihan 78Farm Jogja untuk memelihara kambing Jawa Randu? Karena disana anda akan mendapatkan berbagai ilmu diantaranya :

  • Cara manajemen pakan yang baik dan terdapat dari alam tanpa obat-obat
  • Cara mengawinkan kambing Jawa Randu betina dengan kambing Boer jantan untuk mendapatkan anak kambing kelas lokal kualitas unggulan
  • Akan dimentor sampai mahir dan diajarkan untuk berjualan kambing online atau offline

Selain itu, masih banyak lagi ilmu yang bisa anda dapatkan saat mengikuti pelatihan 78Farm Jogja. Dan untuk lebih jelas lagi silahkan anda untuk menghubungi nomor atau mengunjungi alamat dibawah ini!

 

TLP/WA 081228380678

Jl. Godean km 15, Kolowenang, Sumber arum, Moyudan, Sleman, Yogyakarta.

Terima kasih.

Pengunnjung Juga Mencari:

  • kambing jawa randu