Home DOMBA Jenis Domba Ekor Tipis

Jenis Domba Ekor Tipis

40
0

Mengenal Jenis Domba Ekor Tipis

Jenis Domba Ekor Tipis | Domba betina ekor tipis bisa dikawin pada usia 1 tahun sampai 15 bulan, domba betina ekor tipis bisa anda kawinkan dengan domba-domba unggulan seperti domba merino dan domba garut. Berharap dengan perkawinan ini bisa menghasilkan anak-anak domba yang unggulan juga, misalnya betina ekor tipis dikawinkan dengan domba garut supaya menghasilkan anak pejantan yang  memiliki tanduk yang besar. Karena biasanya para pejantan anak menurunkan gen ke anaknya sebasar 70%.

Biasanya, satu pejantan domba bisa mengawini 25 ekor betina. Namun sebelum ke cara perkembangbiakan domba ekor tipis yang dikawinkan dengan domba-domba unggulan seperti domba merino dan domba garut. Anda perlu mengetahui tentang profil dari domba ekor tipis itu seperti apa karakter, perawakan, dan lain sebagainya.

Adapun penjelasan tersebut, silahkan anda simak dibawah ini!

Salah satu domba yang banyak ditemukan di daerah jawa barat dan jawa tengah adalah domba atau kambing ekor tipis. Domba yang termasuk ke dalam golongan domba kecil ini hanya memiliki bobot berat badan sebesar 20 sampai 20 kg saja.

Jenis domba ekor tipis ini pada ekornya tidak menampakkan adanya desposisis lemak, hal ini disebut juga dengan nama wedus gembel. Selain itu, jenis domba ekor tipis mempunyai bulu dengan warna putih yang dibarengi dengan bercak hitam yang terdapat pada disekeliling matanya.

Domba ekor tipis disebut-disebut hampir sama dengan domba ekor gemuk, hanya mereka mempunyai perbedaanya pada bagian ekornya. Karena pada domba ekor gemuk mereka mempunyai timbunan lemak di ekornya, sedangan untuk domba ekor tipis tidak ada lemak yang tersedia.

Adapun karakteristik dari domba ekor tipis yang bisa anda kenali adalah sebagai berikut ini!

  • Berat badan hanya 30 sampai 35 kg untuk yang Jantan, sedang betina hanya 15 sampai 20 kg.
  • Pada domba ekor tipis tidak memiliki tanduk pada betinanya, sedangkan untuk jenis jantan mempunyai tanduk yang pendek dan membentuk lingkaran.
  • Terdapat warna hitam disekeliling mata, hidung dan warna putih yang mendominasi pada bulu domba ekor tipis
  • Menghasilkan bulu yang bisa dimanfaatkan untuk wol dan benang
  • Ekor yang tipis dengan tidak adanya lemak
  • Jika kotor, domba ini bergelambir karena mempunyai bulu yang lumayan tebal.
Baca juga :   Tips Penggemukan Kambing Domba

Keunggulan yang bisa anda dapatkan saat memulia membudidaya atau beternak domba ekor tipis tersebut adalah sebagai berikut ini!

  • Relatif sangat cepat dalam perkembangan dan pertumbuhannya
  • Mereka mudah sekali untuk beradaptasi dengan lingkungan yang barunya
  • Relatif sangat mudah dalam pemeliharan untuk budidaya dan beternak domba ekor tipis ini
  • Tergolong domba yang kuat untuk terhindari dari segala penyakit
  • Lumayan tinggi dari segi produktivitas domba ekor tipis ini

Itulah keunggulan yang bisa anda dapatkan dan merasakan manfaatnya saat anda ingin memelihara domba ekor tipis ini, namun untuk lebih jelasnya lagi cara untuk pemilihan bibit yang berkualitas simak dibawah ini!

Dalam pemilihan bibit yang berkualitas tinggi, anda harus memilihnya dengan baik dan teliti. Karena hal tersebut akan sangat berpengaruh saat anda memutuskan untuk beternak domba ekor tipis yang ingin mendapatkan hasil yang maksimal. Oleh karena itu, anda bisa mengikuti cara yang kami sarannya dibawah ini!

  • Mempunyai badan yang besar dan tidak terlihat kurus
  • Mempunyai asal usul dari indukan yang mempunyai kualitas tinggi
  • Gerakannya terlihat lincah dan tidak memiliki cacat apapun
  • Tidak sedang terkena penyakit domba
  • Memperlihatkan pertumbuhan yang relatif cepat
  • Memperlihatkan daya tahan makan tinggi dan lahap
  • Berat badan yang normal dengan seusianya

Nah, itulah cara yang bisa anda lakukan saat memilih bibit domba ekor tipis yang ingin anda pelihara dengan mendapatkan hasil yang maksimal saat panen nanti.

Tapi, jika saran itu belum cukup untuk meyakinan anda dalam mendapatkan domba ekor tipis yang berkualitas tinggi, maka kami sarankan anda untuk mengikuti pelatihan 78Farm Jogja yang akan mengajarkan anda dalam pemeliharaan domba dan kambing yang berkualitas dengan pakan alami yang terdapat di sekitaran daerah anda.

Baca juga :   Budidaya Ternak Domba Merino

78Farm Joga telah menjadi pusat pelatihan domba dan kambing yang sudah berpengalaman. Dengan mentor yang disajikan kepada peserta yang mempunyai segudang ilmu dan pengalaman yang sudah didapatnya, maka anda tidak perlu ragu lagi untuk mengikuti pelatihan 78Farm Jogja yang akan mencetak diri anda menjadi peternak handal dan tidak memakai obat-obatan apapun untuk beternak domba dan kambingnya.

Selain itu, anda juga nanti akan diajarkan mengenai budidaya domba dan kambing jenis apapun terlebih membudidayakan domba ekor tipis yang dikawinkan dengan domba merino dan domba garut yang akan diajarkan di pelatihan 78Farm Jogja tersebut. Maka dari sekarang anda jangan ragu lagi untuk segera menghubungi nomor dan alamat yang tersedia dibawah ini untuk mengikuti pelatihan 78Farm Jogja.

0812.2838.0678  ( Bayu 78 Farm Jogja )

78 Farm Jogja , Jl godean km 15, dusun Kolowenang, Kelurahan Sumber arum, Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta

Terima kasih, semoga artikel ini bisa membantu untuk anda yang ingin beternak dengan sukses dan benar.

 

Pengunnjung Juga Mencari:

  • foto ternak kambing domba ekor tipis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here