Sukses Ternak Domba Morino

Kiat Sukses Ternak Domba Morino

Domba merino memang masih jarang kita temukan di indonesia, Domba ini merupakan domba yang yang menghasilangkan bulu wool yang banyak. Oleh sebab itu beberapa negara Eropa dan Australia sudah dimanfaatkan untuk menghasilkan bulu wool yang difungsikan sebagai kebutuhan usaha bisnis Fashion.

Namun saat ini, Doman Merino sudah menjadi jenis domba yang unggulan diIndonesia dan dikembangkan oleh para peternak dipulau jawa. Selain menghasilkan wool yang super, Domba Merino juga menghasilkan daging yang cukup untul pasaran, karena bobot berat badan domba tersebut bisa mencapai diangka 100kg lebih. Oleh karena itu, Domba Merino bisa menjadi hewan penghasil daging unggulan yang bisa mengalahkan Domba lokal pedaging dari Indonesia.

Para peternak saat ini, sudah memanfaatkan Domba Merino sebagai komoditas utama yang akan memenuhi permintaan daging domba dipasaran seperti untuk kuliner, aqiqah, catering, qurban dan lain sebagainya.

Karakteristik Domba Merino

Dombab Merino merupakan domba yang berasal dari Australia dan sekarang sudah mulai dikembangkan diIndonesia. Daerah Wonosobo yang berada di Jawa Tengah menjadi daerah yang pertama kali mengembangkan Domba Merino tersebut, daerah ini terpilih untuk mengembangkan Domba Merino karena mempunyai kemiripan suhu dan udara yang ada di Australia.

Apabila Domba Merino dipeliharaan yang mempunyai suhu dengan udara dingin, maka domba tersebut bisa menghasilkan bulu yang sangat banyak. Dan itu merupakan salah satu manfaat saat anda memelihara Doman Merino ini.

Kegiatan rutin minimal satu tahun sekali untuk Domba Merino adalah memangkas bulunya, karena dengan pertumbuhan wol yang begitu cepat. Apabila Domba Merino mempunyai bulu yang terlalu tebal maka bisa menyebabkan stress pada domba tersebut, karena dengan begitu hewan ini bisa kepanasan, geraknya terhambat, dan bisa menyebabkan kebutaaan.

Penghasil Daging yang Super

Domba Merino saat ini menjadi domba unggulan yang menghasilkan daging yang lebih banyak. Oleh sebab itu, kebutuhan pakan yang dibutuhkan oleh Domba Merino menjadi lebih banyak dibandingkan dengan domba domba lokal seperti domba garut, domba ekor tipis. Serta Domba Merino ini juga membutuhkan nutrisi yang tinggi.

Jika saat ini anda berniat untuk memelihara Domba Merino, namun di sekitaran lingkungan anda belum tersedia banyak stok untuk pakan seperti pakan hijauan. Maka sebaiknya anda jangan dulu beternak Domba Merino. Karena syarat untuk memelihara Domba Merino harus mempunyai stok pakan yang cukup dan sudah terkondisikan dengan baik.

Namun, jika saat ini anda sudah mempunyai stok pakan yang melimbah tapi daerah anda panas, anda bisa menggunakan cara untuk beternak Domba Merino dengan melakukan hal-hal rutin seperti memangkas bulu, memandikan dan menyediakan selalu air minum. Tapi jika daerah anda mempunyai suhu yang sejuk dan dingin, maka potong kuku di kaki menjadi perlakuan yang perlu rutin anda lakukan pada Domba Merino tersebut.

Pakan untuk Domba Merino

Pertumbuhan Domba Merino untuk mempunyai berat badan yang maksimal itu sangat berpengaruhan dengan asupan pakan yang seimbang dan tercukupi dengan kandungan protein, karbohidrat, mineral dan serat. Adapun pakan yang bisa anda berikan untuk domba merino adalah sebagai  berikut ini!

Sumber serat

  • Rumput lapangan
  • Kangkung kering
  • King grass
  • Rumput odot

Karbohidrat

  • Ampas singkong

Protein

  • Ampas tahu
  • Kulit kedelai
  • Kulit kacang hijau

Mineral

  • Garam kasar
  • Mineral Mix untuk ruminansia (dijual ditoko)

Dengan asupan makanan dan minuman yang tecukupi untuk Domba Merino, mereka akan tumbuh sehat dan dan bugar dengan bobot badan yang maksimal tanpa obat-obat dan supplement yang biasanya banyak beredar dipasaran offline maupun online. Oleh sebab itu, anda jangan terjebak dengan obat-obatan seperti penambah nafsu makan hewan.

Demikianlah ulasan tentang Domba Merino yang bisa anda manfaatkan sebagai pedaging dan penghasil bulu wol yang bisa berfungsi untuk memenuhi kebutuhan industri fashion.

Apabila anda ingin beternak Domba Merino serta menjalankan bisnis Domba Merino tersebut. Anda bisa mengikuti pelatihan 78Farm Jogja. Dengan mengikut pelatihan tersebut, anda bisa mendapatkan banyak ilmu yang akan didapatkan mulia dari cara memelihara, membuat kandang, dan membudidayakannya.

Tentunya, dengan mengikuti pelatihan 78Farm Jogja anda akan sangat dibantu dari nol untuk beternak Domba Merino tersebut oleh para mentor-mentor yang sudah berpengalaman dalam memelihara Domba Merino.

Selain itu, anda juga akan diajarkan cara untuk berjualan Domba Merino ini baik itu cara pemasaran online maupun offline.

Jika anda berniat untuk mengikuti pelatihan 78Farm Jogja maka akan mendapatkan harga spesial apabila anda membeli Domba Merino di tempat 78Farm Jogja.

Jadi jangan ragu lagi, apabila anda ingin sukses beternak dan berwirausaha didunia ternak hewan, maka 78Farm Jogja akan menjadi solusi yang baik dan tepat untuk anda.

Oleh sebab itu, silahkan dari sekarang untuk menghubungi nomor dan alamat dibawah ini!

0812 2838 0678

( Bayu 78 Farm Jogja )

Silahkan berkunjung langsung ke farm kami dengan alamat :

78 Farm Jogja , Jl godean km 15, dusun Kolowenang, Kelurahan Sumber arum, Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta

Terima kasih.

Pengunnjung Juga Mencari:

  • domba morino