Home Uncategorized Kamu Muslim WajiB Baca, Sekilas Tentang Umroh

Kamu Muslim WajiB Baca, Sekilas Tentang Umroh

17
0

SEKILAS TENTANG UMROH – UMROH adalah salah satu kegiatan ibadah yang dilakukan oleh agama islam. Hampir mirip dengan ibadah haji, Ibadah ini dilaksanaka dengan cara melakukan beberapa ritual ibadah di kota suci Mekka, Khususnya di Masjidil Haram.

Secara bahasa umroh berarti berziarah atau mengunjungi. Secara Syar’I, Umroh adalah berziarah ke Baitullah/Mekkah  dengan niat irham. Melaksanakan tawaf mengelilingi Ka’bah, Sa’i di antaranya Safa Dan Marwah.

Sejarah Umroh

Sejarah umroh tidak dapat dilepas dari asal muasalnya Nabi Muhammad melakukan ibadah Haji untuk pertama kali. Sebagaimana yang dapat kita ketahui bahwa ibadah haji merupakan pencapaian tertinggi bagi seorang muslim. Dengan beribadah haji maka sempurrnalah  Rukun  Islam ke -5 diantara mengucap dua kalimat syahadat, mendirikan sholat, puasa pada bulan ramadhan .

Pada tahun 6 Hijriah Nabi Muhammad SAW melakukan ibadah Haji bersama 1500 sahabatnya ke Mekkah. Mereka berangkat mengenangkan Pakaian Irham  (kain putih tanpa jahitan) dan membawa unta sebagi hewan Qurban. Namun perjalan umroh yang pertama kali ini tidah berhasil karena Nabi dan Sahabatnya di hadang oleh kaum Quraisy di Hudabiyah. Ditenpat inilah kemudian Nabi dan Kaum Quraysi melakukan perundingan Hudabiyah.

Perjanjian Hudabiyah

Salah satu perjanjian Hudabiyah Sangat merugikan umat muslim yaitu kaum muslim dilarang melakukan ibadah Haji pada tahun itu dan bisa kembali di tahun depan untuk melaksanakan ibadah haji dengan syarat tidak boleh lebih dari tiga hari.

Karena perjanjian inilah kemudian nabi Muhammad SAW beserta rombongan menunda perjalanan hajinya. Walaupun mendapat banyak protes dari para sahabat. Nabi berpendapat lain lain dan menyetujui perjanjian Hudabiyah itu.

Pada tahun berikutnya, Tepatnya pada tahun 7 hujriah untuk pertama kalinya Nabi Muhammad SAW bersama 200 orang dalam rombongannya pertama kali melakukan Umroh ke Baitullah. Nabi Muhammad Beserta sahabatnya langsung masuk ke Ka’bah untuk melakukan thawaf. Setelah melakukan thawaf 7 kali melilingi Ka’bah. Setelah itu Rasulullah melakukan sholat malam di makan Nabi Ibrahim Asdan minum air zam-zam. Kemudia melakukan Sa’I atau lari kecil-kecil dari Shafa ke Marwah,Terakhir mencukur rambut.

Baca juga :   Jasa Pembuatan Website

Samapai sekarang Aktivitas Umroh yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW menjadi rukun umroh bagi semua umat Muslim.

Nah untuk perkembangan Umroh Di zaman sekarang ini cukup begitu pesat, perihan dengan bertambahnya jumlah umat Musim di dunia dan Transportasi yang cukup nyaman dan lebih cepat.

Sebagai seorang muslim pasti nya ada keinginan untuk untuk bisa melengkapi ibadah dengan umroh ke Tanah Suci. Untuk mewujudkannya, diperlukan ikhtiar yang baik lewat usaha sendiri maupun bantuan orang lain. Demi melakukan perjalanan realigi tersebut bahkan seseorang rela mengeluarkan uang hingga puluhan juta rupiah. Namun Sayang belakangan ini di Indonesia perjalanan umroh sedikit tercoreng akibat dari ulah segelintir biro yang melakukan penipuan.

Maka kita harus lebih berhati-hati dalam memilih travel umroh yang pastinya terpercaya, insha Allah impian kita untuk pergi Baitullah beribadah ke rumah Allah SWT.

Perkembangan Zaman

Sesuai Perkembangan Zaman umroh menjadi Ketertarikan tersendiri bagi kaum muda, yang biasanya ibadah Haji/ Umroh yang muncul dipikiran kita adalah tentang usia atau lebih ke orang yang lebih tua. Nah sekarang mulai muncul Marketplace OTA ( Online Travel Agen) yang memfasilitasi Keberangkatan Paket umroh Secara Online. Sebagai Marketplace mereka tidak membuat paket keagenan tersendiri.

Sesuai jumlah presentasi, masih cukup sedikit fasilitasi yang ditawarkan oleh Marketplace.  Tapi melihat semakin Trend nya Umroh Bagi anak muda di Zaman millennial ini. Sesungguhnya ini cukup menarik di masa depan.

PR Director Traveloka Sufintri Rahayu menyebutkan Tujuan dari inisiatif ini dilakukan untuk bisa memudahkan dan lebih banyak lagi orang indonesia yang berangkat umroh, kami berharap kedepannya.Dengan adanya kemudahan yang digitalisasi dari perjalanan umroh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here